Berita Terbaru

Kelurahan Sumber Wetan

Kelurahan merupakan perangkat kecamatan yang dibentuk untuk membantu atau melaksanakan sebagian tugas camat. Kelurahan dipimpin oleh Lurah yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat melalui Sekretaris Kecamatan. Lurah adalah Kepala Kelurahan dalam wilayah Kecamatan. Sekretaris Kelurahan berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Lurah. Masing-masing Seksi di Kelurahan dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Lurah melalui Sekretaris Kelurahan.
Kelurahan Sumber Wetan secara resmi dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Probolinggo No. 17 Tahun 2001 tentang perubahan Status Desa menjadi Kelurahan. Kelurahan Sumber Wetan sebelumnya masuk dalam wilayah kecamatan Kademangan, kemudian masuk dalam wilayah Kecamatan Kedopok berdasarkan Peraturan Daerah Kota Probolinggo No. 8 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan, dan selanjutnya diperbaharui dengan diterbitkan Peraturan Daerah Kota Probolinggo No. 4 tahun 2012 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kota Probolinggo, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Walikota Probolinggo No. 104 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan.
Kelurahan Sumber Wetan memiliki luas wilayah 4,8776 Km2 atau 487,76 ha. Secara geografis, kelurahan Sumber Wetan dalam hal ini kantor kelurahan sumber Wetan terletak antara 7° 47′ 28.0″ LS (Lintang Selatan) dan 113° 11′ 8″ BT (Bujur Timur). Kelurahan Sumber Wetan merupakan 1 (satu) dari 6 (enam) kelurahan di wilayah Kecamatan Kedopok. Lima kelurahan yang lain adalah Kelurahan Jrebeng Wetan, Jrebeng Kulon, Kedopok, Kareng Lor, dan Jrebeng Lor

Batas Kelurahan Sumber Wetan adalah
• Utara : Kelurahan Curah Grinting
• Selatan : Desa Kareng Kidul (Kabupaten Probolinggo)
• Timur : Kelurahan Kareng Lor
• Barat : Kelurahan Pohsangit Kidul

Menurut penggunaan lahannya, wilayah Kelurahan Sumber Wetan terdiri atas 18,80 Ha tanah sawah; 204,76 Ha Tanah Kering; 00 Ha Tanah Perkebunan; 30,70 Ha Tanah Fasilitas Umum.
Seperti halnya wilayah lain di Indonesia, Kelurahan Sumber Wetan mengalami 2 (dua) musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Menurut stasiun pengamatan hujan Pakistaji yang terletak di Kecamatan Wonoasih, rata-rata curah hujan tiap bulannya diatas 121 mm kecuali pada bulan Agustus sampai Oktober tidak ada hujan. Pada bulan Juli merupakan jumlah curah hujan yang terkecil yaitu 4 mm. Sedangkan jumlah curah hujan terbanyak berada pada bulan Januari sebesar 326 mm dengan hari hujan 15 hari. Wilayah Kelurahan Sumber wetan berada di ketinggian 9 m dpl (di atas permukaan laut).
Jarak Kelurahan Sumber Wetan ke Kecamatan sekitar 4,6 km atau bisa ditempuh dalam waktu ±15 menit menggunakan sepeda motor.
Berdasarkan Peraturan Walikota Probolinggo No. 104 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan, maka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Kelurahan Sumber Wetan didukung Sumber Daya Aparatur sebanyak 12 orang, yang terdiri dari Lurah, Sekretaris Kelurahan, 2 (dua) orang kasi, dan 8 (delapan) orang staf.